Pengembangan Bahan Ajar Menulis cerita Pendek (Cerpen) Kelas X SMA Negeri 2 OKU

Tri Riya Anggraini

Sari


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang efektif digunakan oleh siswa kelas X SMU Negeri 2 OKU. Bahan ajar yang akan dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk modul yaitu Mari Menulis Cerpen. Penelitian ini menggunakan metode reserch and development dengan mengadaptasi model pengembangan Jolly dan Bolitho. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi dilakukan terhadap kelayakan materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan dengan menggunakan angket sekala 5 oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Program Studi Teknologi Pendidikan PPS Unsri dan Universitas Tridinanti Palembang. Data yang diperoleh untuk melihat efek potensial diperoleh melalui tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 26 siswa. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli, bahan ajar Mari Menulis Cerpen yang dikembangkan dapat dikategorikan baik atau layak. Hasil tes menulis sebelum dan setelah menggunakan strategi mind mapping memperlihatkan peningkatan rata rata nilai 68,53 menjadi 87,07 (selisih 18,53). Dengan demikian, bahan ajar Mari Menulis Cerpen hasil pengembangan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan layak digunakan di SMU Negeri 2 OKU.

Kata-kata kunci: pengembangan, bahan ajr, menulis


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.