Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kayuara Kuning Kabupaten Banyuasin III

Rita Herawati, FA Milawasri, Nurullaningsih .

Sari


ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengukur
keefektifan penggunaan media gambar berseri terhadap hasil
belajar siswa dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VII
SMP Kayuara Kuning Kabupaten Banyuasin. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 37 siswa, sampel diambil dengan
menggunakan teknik cluster sampling dan didapatkan dua kelas
yaitu kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 37
peserta dan kelas VII.4 sebagai kelas control dengan jumlah 37
peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu teknik tes, observasi
dan dokumentasi. Hasil analisis data tes diperoleh untuk kelas
eksperimen 80,68 dan untuk kelas kontrol 60,16. Untuk analisis
data observasi yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen dengan rerata 63,28% sedangkan rerata kelas
control sebesar 52,31%. Dari rerata keaktifan hasil belajar siswa
secara keseluruhan pada kelas eksperimen dikategorikan aktif
sedangkan pada kelas kontrol dikategorikan cukup. Adapun hasil
penelitian didapatkan ada pengaruh metode gambar berseri
terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
materi menulis karangan eksposisi pada siswa kelas VII di SMP
Kayuara Kuning Kecamatan Banyuasin yang ditunjukan pada hasil
p value > 0,05 (p=0,000)> berdasarkan penelitian yang dilakukan,
media gambar berseri dapat dijadiakan salah satu alternatif media
pembelajaran.
Kata-kata kunci : media gambar berseri, karangan eksposisi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.