HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Gusti Agustina, F.A. Milawasri, Falina Noor Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto atau penelitian yang tidak memberikan perlakuan pada variabel, tetapi memfokuskan pada hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 468 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 39siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pearson product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan kemampuan menulis cerita pendek siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil rhitung  lebih besar dari rtabel (7.880>0.325). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang. Hubungan tersebut termasuk dalam kategori sangat kuat.

Kata Kunci: berpikir kreatif, kebiasaan membaca, menulis cerpen


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com