Login

August 2017
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

 

Untuk melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi UTP di bidang penelitian, telah dibentuk Pusat Penelitian Universitas Tridinanti Palembang, yang kemudian statusnya ditingkatkan menjadi Lembaga penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tridinanti Palembang sejak tanggal 24 Juli 1999 dengan SK Rektor UTP Nomor 0078/Unanti.A/C/Kep./1999. Adapun visi LPPM UTP ialah menjadi Lembaga yang terkemuka dalam menghasilkan penelitian dan pengabdian yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada tahun 2025. Sedangkan misi-nya adalah yaitu (1) Mengkoordinasikan, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menilai serta mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (2) Meningkatkan daya saing dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat regional dan nasional. (3) Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat regional dan nasional. (4) Mengarahkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berorientasi produk (fisik atau nonfisik) dan/atau perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). (5) Mendiseminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (6) Membangun sistem informasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (7) Meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan proses pembelajaran. (8) Mengembangkan budaya akademik dan kewirausahaan. dan (9) Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mencapai misi dan visi yang telah ditetapkan tersebut, LPPM bidang Penelitian bertugas mengkoordinasi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen di UTP, baik individual dan kelompok maupun yang terhimpun dalam sejumlah pusat penelitian yangberada di bawah koordinasi LPPM dan pusat kajian di bawah koordinasi fakultas. LPPM UTP telah memiliki empat pusat penelitian. Pusat-pusat penelitian tersebut, yaitu: (1) Pusat Penelitian ekonomi dan bisnis, (2) Pusat Penelitian Teknik, (3) Pusat Penelitian Pertanian, dan (4) Pusat Penelitian Pendidikan.

Secara umum kondisi dari keempat pusat penelitian saat ini antara lain: jumlah penelitian dari berbagai bidang ilmu belum merata, laboratorium penelitian yang masih belum terakreditasi, rendahnya alokasi dana penelitian dari sumber internal universitas, masih rendahnya penghargaan terhadap prestasi dalam bidang penelitian, publikasi hasil-hasil penelitian yang relatif minim di tingkat nasional maupun internasional, sarana akses informasi penelitian masih relatif terkendala, dan belum adanya rencana strategis setiap pusat penelitian sehingga sering terjadi tumpang tindih kegiatan.

Kondisi tersebut harus terus diperbaiki sehingga mampu menghadapi peluang dan ancaman yang dihadapi di masa yang akan datang. Peluang/tantangan tersebut antara lain: adanya komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan adanya kebijakan desentralisasi penelitian oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan ancaman yang akan dihadapi terutama adalah tingginya tingkat persaingan dalam mendapatkan dana penelitian di tingkat nasional dan internasional serta kurangnya tingkat kepercayaan stakeholders terhadap hasil-hasil penelitian.