Login

December 2017
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

SAMBUTAN KETUA LPPM-UTP

PADA ACARA

PEMBEKALAN MAHASISWA KKN ANGKATAN XX

DI KECAMATAN TANJUNG LAGO

KABUPATEN BANYUASIN

PALEMBANG, 13 PEBRUARI 2016

Bismillahirrohmanirohim

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi dan Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth Bapak Camat Tanjung Lago Pemkab Banyuasin,

Yth Ibu Rektor, para Pembantu Rektor, Para Dekan dilingkungan UTP,

Yth Kepala LPM, LPSIK, Para Kepala Biro dan Kepala Perpustakaan,

Yth Seluruh Dosen Pembimbing Lapangan,

Seluruh Mahasiswa peserta KKN angkatan XX yang saya banggakan.

       Marilah kita selalu memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-NYA kepada kita, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan,   sehingga  kita dapat bertemu dan bersilaturrahmi di gedung KPA ini dalam rangka menghadiri acara pembekalan mahasiswa KKN angkatan XX. Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran Bapak Sujak, MM, Camat Tanjung Lago memenuhi undangan kami.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali untuk kita semua dan lebih terkhusus buat adik-adik mahasiswa peserta KKN-UTP tentang apa itu KKN, Sejarah, Program, dan Tujuan dari KKN itu.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatanpengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desaDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikanpenelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejarahnya

Pada tahun 1971 Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tiga universitas yaitu Universitas Andalas di bagian barat,Universitas Gadjah Mada di bagian tengah, dan Universitas Hasanuddin di bagian timur, sebagai perintis proyek kegiatan pengabdian masyarakat. Proyek perintis ini dikenal dengan nama Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat. Hasil laporan dan evaluasi dari ketiga perguruan tinggi perintis proyek ini dipaparkan pada Rapat Rektor Universitas atau Institut Negeri pada bulan Maret 1972. Setelah selesai rapat tersebut Direktur Pendidikan Tinggi meminta 13 Universitas di 13 provinsi untuk melaksanakan proyek perintis kuliah kerja nyata pada tahun ajaran 1973-1974. Universitas Gadjah Mada bertindak sebagai universitas pembina, sedangkan dua belas universitas lainnya termasuk kategori universitas madya.Keduabelas universitas tersebut adalah: Universitas Syiah KualaUniversitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas SriwijayaUniversitas PadjajaranUniversitas DiponegoroUniversitas BrawijayaUniversitas UdayanaUniversitas Lambung Mangkurat, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Pattimura. Pada awal perkembangannya, KKN hanya merupakan paduan dari dua dharma yaitu pengajaran dan pengabdian masyarakat, seiring perkembangannya KKN juga meliputi dharma penelitian. Perpaduan tri dharma perguruan tinggi merupakan perwujudan  KKN sebagai salah satu sub-sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Programnya

Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN. Program yang dibuat dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisatasumber daya alam, dan peduli bencana. KKN peduli bencana merupakan salah satu bentuk tanggapan dari kalangan perguruan tinggi terhadap bencana yang sedang terjadi, tema yang diangkat seperti kebencanaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain anggota KKN yang berasal lintas fakultas dalam satu universitas, terdapat juga program KKN yang dilaksanakan lintas universitas. KKN Kebangsaan merupakan nama dari program KKN yang anggotanya berasal dari universitas yang berbeda, program ini dirintis oleh Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2013.

Tujuan

Sebagai Universitas Tertua di Sumatera Selatan, dan Universitas Nasional,  penting bagi UTP untuk memperkokoh jati diri dengan melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Tujuan pengabdian kepada masyarakat  adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

 Prinsip Dasar dan Pelaksanaan KKN-UTP:

  • Keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Empati-Partisipatif
  • Interdisipliner
  • Realistis-Pragmatis
  • Pengembangan lingkungan

Tujuan dari pelaksanaan KKN-UTP:

  • Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa.
  • Melaksanakan terapan IPTEKS secara teamwork dan interdispliner.
  • Menanamkan nilai kepribadian, seperti :
  • Nasionalisme dan jiwa Pancasila.
  • Keuletan, etos kerja dan tanggung jawab.
  • Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan.
  • Menanamkan jiwa penelitian dan pengabdian
  • Eksploratif dan analisis.
  • Mendorong learning community dan learning society 

Kegiatan KKN-UTP berorientasi kepada 3 pemangku kepentingan, yaitu  mahasiswa, masyarakat (+Pemerintah) dan Perguruan Tinggi. Nilai-nilai unggul KKN-UTP bagi mahasiswa UTP antara lain dalam bentuk proses pembelajaran menjadi leader, manajer, dan enterpreuner, proses membentuk moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat, pengembangan diri yang tangguh sebagai inovator, motivator, dinamisator, dan problem solver

Hadirin yang saya hormati,

Perspektif masyarakat masih menganggap bahwa program KKN oleh suatu universitas adalah program "uang". Artinya, masyarakat beranggapan bahwa mahasiswa yang diterjunkan di lapangan adalah mahasiswa yang membawa program anggaran atau uang untuk masyarakat. Program KKN yang baik adalah program yang benar-benar mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Mahasiswa tidak diharapkan hanya datang ke suatu desa lantas mengecat pagar, membangun tugu, mengajar anak-anak di desa, dan sebagainya. Namun lebih daripada itu, mahasiswa harus memberikan program yang bernilai edukasi (pendidikan) dan impresi (kesan) yang pada akhirnya dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat dalam kurun waktu yang lama, sekalipun mahasiswa itu telah pulang kembali ke kampusnya. Program yang baik adalah program yang kesannya dapat bertahan lama (jangka panjang). Semisal, apabila dalam suatu desa memiliki potensi hortikultura yang baik seperti kelapa namun belum dioptimalkan potensinya oleh masyarakat, maka mahasiswa harus mengedukasi masyarakat agar dapat mengoptimalkan potensi tersebut. Mahasiswa harus kreatif bagaimana potensi kelapa ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui cara ini, program yang kita kemas akan memiliki nilai impresi kepada masyarakat. Meskipun mahasiswa telah kembali ke kampus, masyarakat masih dapat menggali/mengolah potensi kelapa ini secara mandiri. Ini lebih berguna daripada langsung menyodorkan uang. Sebelum terjun ke desa, mahasiswa harus meyakinkan masyarakat bahwa mereka datang tidak untuk membawa program “uang” tetapi datang untuk belajar di masyarakat. Cara ini dilakukan agar masyarakat dan mahasiswa dapat membangun relasi yang lebih dekat sehingga masyarakat pun merasa menjadi bagian dari program KKN. Hal lain yang perlu diperhatikan saat akan terjun ke masyarakat adalah pengemasan program KKN. Agar program KKN yang dibawa tidak bersilangan dengan program masyarakat, maka sudah sepantasnya mahasiswa mesti berkoordinasi dengan pemerintah setempat (desa/lurah) terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa. Program KKN harus dikemas sedemikan rupa agar sejalan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa.

Terakhir saya ingin mengingatkan buat seluruh mahasiswa jika dilokasi nya ada sungai agar jangan main-main atau mandi di sungai apalagi sekarang musim hujan dimana-mana air sungai pada meluap. Demikian lah kata sambutan saya lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Billahitaufik wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh....................


IMG20160213085904