PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI SEJARAH SASTRA

M Masnunah

Abstract


Tujuan  dari   penelitian   ini   untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh model  pembelajaran  Small  Group  Discussion  berbasis multimedia   terhadap   hasil belajar mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unversitas  PGRI Palembang pada materi sejarah sastra. Metode Penelitian   yang   digunakan adalah metode ekperimen yang perhitungannya menggunakan  metode  kuantitatif.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa thitung   5,887>   t tabel   1,980. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion berbasis multimedia nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 81,02 sedangkan kelas kontrol yaitu hanya diberikan metode ceramah sebesar 68,42 dengan kategori cukup.

Kata Kunci: Small Group Discussion, multimedia, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com