KEBIASAAN MEMBACA, PENGUASAAN DIKSI, DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI

Sisilia Indriani, Falina Noor Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi, hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan menulis teks eksposisi, dan hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi. di kelas X siswa SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 11 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 543 siswa. Peneliti telah mengambil sampel kelas X IPA 3 sebanyak 42 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Analisis data telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kebiasaan membaca siswa adalah baik dengan jumlah 23 siswa (54,8%), (2) tingkat penguasaan diksi siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan jumlah 23 siswa (54,7%), (3) tingkat kemampuan menulis teks eksposisi siswa termasuk dalam kategori baik dengan jumlah 19 siswa (45,4%), (4) hasil rhitung = 7,147 yang lebih besar dari hasilrtabel = 0,308 dan dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang.

Kata Kunci: membaca, diksi, menulis teks eksposisi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com