KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA

Toni Habib Burohman, N Nurullaningsih, M.Pd, F.A. Milawasri

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah hubungan antara kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Jumlah partisipan sebanyak  256 siswa yang terdaftar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Dengan menggunakan teknik sampel bertujuan, siswa kelas X IPS 4 sebagai sampel penelitian.  Teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner (angket) untuk kebiasaan membaca dan tes tertulis untuk kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori baik dengan frekuensi 23 (71%) dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori sangat baik dengan frekuensi 27 (84%). Dengan hasiL tersebut maka terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa.

Kata Kunci: korelasi, kebiasaan membaca, teks anekdot


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com