PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MAN 2 PALEMBANG

Mutma Inna Ilmi, Doni Samaya

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh pengunaan model CPS (creative problem solving) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik pada siswa kelas XI MAN 2 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas XI MAN 2 Palembang dengan jumlah 250 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas XI MIA 2 dan  XI MIA 3. Pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 22.0. Berdasarkan analisis hasil yang didapatkan adalah t hitung yaitu 15,097 lebih besar bila dibandingkan dengan t table yang sebesar 2,002. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest menulis teks eksplanasi pada siswa kelas eksperimen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model CPS lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode saintifik pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Palembang.

Kata Kunci:menulis creatif problem solving (cps), teks eksplanasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com