UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

Maila Juha, F.A. Milawasri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Bailangu Sekayu dengan menggunakan model cooperative script dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Bailangu Sekayu,pada semester genaptahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 17siswa laki-laki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan penganalisis data kuantitatif. Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara menghitung skor tes persiklus.Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa  aktivitas siswa sangat bagus selama dilaksanakan model pembelajaran cooperative script dan meningkat pada setiap kali diadakan siklus. Persentase hasil aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II memperoleh skor rata-rata akhir sebesar 84,88 %. Dan persentase nilai hasil belajar siswa, dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 75 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 88,125.

 

Kata kunci : membaca pemahaman, cooperative script


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i1.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com