PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI

Rani Mawar Resta, Falina Noor Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam menulis kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol dan X IPS 6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal menulis kembali isi teks biografi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir memiliki rata-rata nilai lebih tinggi (75,16) jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (67,73). Sedangkan nilai perhitungan t-tes diperoleh t-hitung adalah 6,753. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini karena pada strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, siswa dibimbing untuk dapat menggembangkan kemampuan dan pontensinya, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dari guru.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir, menulis biografi


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com