PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Nenchi Gusty, Edi Suryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang yang diketahui dari hasil wawancara dengan Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 siswa dan jumlah sampel 80 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Project Based Learning dan kelas X IPA 7 yang menjadi kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis teks biografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan Metode Project Based Learning pada pretest dengan nilai 52,05, posttest dengan nilai 78,55 sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat pretest dengan nilai 50,6, posttest dengan nilai 70,27. Nilai t-hitung yang diperoleh dari uji-t adalah 8,548 dan jika dibandingkan dengan t-tabel 1,664 maka dapat dikatakan bahwa t-hitung> t-tabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Ha pada penelitian ini diterima dan Ho di tolak, yang berarti metode Project Based Learning dapat diterapkan pada materi ajar menulis teks biografi sehinga dapat disimpulankan bahwa metode Project Based Learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi ajar menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang.

 

Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode project based learning


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali pers.

Setiarini, W.I & M.G. S. Artini. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A, & W. Sopandi. (2020). Model-model pembelajaran inovatif teori dan implementasi. Bandung: Rajawali Pers.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Torre-Neches, L.D.B., M. Rubia-Avi., J. L. Aparicio-Herguedas, & J. Rodríguez-Medina. (2020). Project-based learning: an analysis of cooperation and evaluation as the axes of its dynamic. Hummanities & social sciences communications, (Vol 7), (No.167).




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com