ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MEDIA ONLINE TRIBUN SUMSEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Yuli Sari, Doni Samaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasif pada iklan kecantikan di Tribun Sumsel. Data penelitian berupa tindak persuasif wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa prosedur: (1) reduksi data (seleksi data dan pengodean data), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa ada sembilan iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021 yang diidentifikasikan mengandung unsur-unsur teknik persuasif dan tindak tutur. Teknik persuasif itu meliputi teknik persuasif rasionalisasi, teknik persuasif sugesti, teknik konfirmitas, teknik kompensasi, dan teknik penggantian. Adapun tindak tutur yang dipakai dalam wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021, yaitu tindak tutur deklaratif, tindak tutur interogatif, dan tindak tutur imperatif.

 

Kata kunci: wacana, iklan, persuasif


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agusrijanto (2011). Seni mengasah kreativitas dan memahami bahasa iklan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Briyandewo, J. (2017). Jenis-jenis iklan dan teknik persuasi dalam tiga puluh iklan surat kabar kompas periode 2015-2017. Yogyakarta: Universitas Dharma.

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S.P. (2017). Persuasif dalam wacana iklan. Semarang: Nusa.

Keraf, G. (2017). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahardi, R.K. (2008). Pragmatik: kesantunan imperative bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rani, A., Arifin, B., & Murtatik. (2006). Analsis wacana (sebuah kajian bahasa dalam pemakaian) Malang: Bayumedia.

Setiawati, E. dan Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: konsep, teori, dan aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sholeha, S. (2013). Tindak persuasif dalam wacana iklan komersial produk kecantikan berbahasa indonesia pada situs internet. Universitas Jember, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran wacana. Bandung: Angkasa.

Wijana, I.D.P. dan Muhammad R. (2011). Analisis wacana pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com