ANALISIS KARAKTER TOKOH “MOZA” DALAM NOVEL GENDUT? SIAPA TAKUT! KARYA ALNIRA

Ulan Dari, Falina Noor Amalia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis karakter tokoh utama dalam novel Gendut? Siapa Takut! karya Alnira, yaitu Moza. Masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah karakter tokoh Moza dalam Novel Gendut? Siapa Takut! karya Alnira. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan karakter tokoh Moza yang ada dalam novel Gendut? Siapa Takut! karya Alnira, baik secara langsung maupun tidak langsung digambarkan oleh pengarang dari kehidupan tokoh. Sumber penelitian adalah novel berjudul Gendut? Siapa Takut! Karangan Alnira yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2019 dengan tebal buku sebanyak 320 halaman. Novel karya Alnira sudah menduduki novel terbaik yang terbit di Gramedia Pustaka Utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumen berupa buku yang mendukung penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca, memahami, menentukan karakter tokoh utama dalam novel tersebut, menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk deskripsi. Implementasi pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah peneliti melakukan penelitian dengan menganalisis karakter. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 15 karakter yang digambarkan secara tersirat oleh penulis. Karakter tersebut adalah cuek, pantang menyerah, cantik gendut, mandiri, rajin, perhatian, kutu buku, lucu, percaya diri, cerdas, penyabar, penyayang, ramah, bertanggung jawab, pandai, dan bersyukur. Karakter tersebut disimpulkan berdasarkan penggambaran secara langsung, dialog tokoh lain, dan dari tingkah laku tokoh.

 

Kata kunci: analisis, karakter, novel


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Ma'ruf. (2010). Apresiasi karya sastra. Yogyakarta: Pustaka Penerbit Pinus.

Alnira. (2019). Gendut? Siapa takut! Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gramedia Digital Indonesia. (2019). Penulis buku digital. (http://ebooks.gramedia.com/id/buku/penulis/alnira). Diakses tanggal 2 Juni 2021)

Kosasih. E. (2012). Peningkatan dasar-dasar keterampilan sastra. Bandung: Yrama Widya.

Nadya, N. L. & F. N. Amalia. (2020). Sanggar sastra: pengalaman, pemikiran, dan penerapan. Palembang: NoerFikri.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rafiek. (2013). Pengkajian sastra: kajian praktis. Bandung: Refika Aditama.

Sadikin, M. (2011). Kumpulan sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Samaya, D. (2018). Moral values in novel “kado putrid ungu” by Syamsa Hawa. Jurnal Didascein Bahasa.Vol. 3 No. 2, 35—45.

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com