NILAI DIDAKTIS DALAM FILM KELUARGA SOMADN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA TRISAKTI BATURAJA

Ratih Utami Ramadhaniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai didaktis dalam film Keluarga Somadn relevansinya terhadap pengajaran sastra di SMA Trisakti Baturaja, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber  data dalam penelitian ini adalah film Keluarga Somad episode hari kartini karya anak bangsa diproduksi oleh PT. Animasi Kartun Indonesia pada tahun 2004. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, serta menggunakan teknik penganalisisan data yang berupa teknik analisis karya. Pada penelitian ini menunjukan adanya nilai didaktis yang terkandung pada film Keluarga Somad episode Hari Kartini yang terdiri dari nilai kesusilaan/budi pekerti, kecerdasan, sosial, agama, kemandirian, kesabaran. Hasil penelitian film Keluarga Somad episode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran materi teks memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/drama baik lisan maupun tulisan di tingkat SMA karena terdapat kesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa film Keluarga Somadpisode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar materi memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/ drama baik lisan maupun tulisan

 

Kata kunci: nilai didaktis, film, pembelajaran sastra


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar, Desi. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia.

Aminuddin. 2013 Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010.Media Pembelajaran. Surabaya: Amelia.

Endarswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Fitriani, Leni. 2017. Nilai Didaktis Pada Film Jendral Soedirman. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Vol. 1, No. 2 Agustus 2017 Skripsi Bahasa Indonsesia

Kustandi, Cecep, dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Maulana, Andre. 2018. Nilai Religius dan Nilai Moral Dalam Kmpulan Serial Animasi Adit dan Sopo Jarwo dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Sastra Di SMA. Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Baturaja.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nurmalasari, Irena. 2017. Nilai Didaktis Pada Film Merry Riana Dolar. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Vol. 1, No. 2 Agustus 2017 Skripsi Bahasa Indonesia

Anggarini, Tutuastusi, Yuliana. 2012. Analisis Nilai Kependidikan Dalam Film Akeelah And The Bee Karya Doug Atchison. Jurnal Pendidikan Vol. 2, No. 2 ISSN 2355-3766374 Tahun 2012 Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar

Subro, Seno. 2009. Seri Bahasa Indonesia. Bandung: CV Aneka Ilmu Anggota.

Sudjana Nana, Rivai Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Soetarno. 2008. Pristiwa Sastra Melayu Lama. Bandung: PT. Widya Duta Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com