PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI

Walvi Margareta, Doni Samaya

Abstract


Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write dalam menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.  Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang tahun 2020/2021 sebanyak 290 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes menulis teks negosiasi dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS versi 25,0. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 55,98 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,20.  Selanjutnya, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 65,25 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72,55.  Hipotesis penelitian, yaitu signifikan karena t-test 0,00 < 0,05 dan derajat kebebasan untuk t-tabel 78 adalah 1,66 dan hasil dari nilai t-hitung adalah 4.132 yang lebih besar dari nilai t-tabel 78, yaitu 1,66. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write lebih berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 11 Palembang.

  

Kata Kunci: teks negosiasi, think talk write.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S.  2010.  Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.  Jakarta: Rineka Cipta.

Constantya, N. A. (2013). Bahasa Indonesia SMA/MAK.  Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana, J. (2017). Model dan metode pembelajaran kreatif danberkarakter. Cet.1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Meilani, L. (2015). Keefektifan strategi think-talk-write (TTW) dalam pembelajaran menuls teks negosiasi pada siswa kelas X SMA N 2 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyanis, T. H. (2016).  Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X.  Bandung: Grafindo Media Pratama.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Jakarta: BPFE.

Nurahma, U. (2019). Perbedaan penggunaan model pembelajaran think, talk, write (ttw) dengan model pembelajaran number head together (nht) pada keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X Sma Negeri 1 Timpeh. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Putri, L. S. (2016). Efektivitas model think talk write terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bintan. Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Semi,  A. M. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono.  (2014).  Metode penelitian pendidikan  pendekatan kuantitatif, kualitatifdan R dan D.  Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi penelitian.  Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suyatno.  (2009).  Menjelajah pembelajaran inovatif.  Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tarigan, H. G. (2018).  Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.  Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com