PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA AZ- ZAHRA PALEMBANG

Vivi Okta Sary, Nurulanningsih Nurulanningsih, Mukhlas Mukhlas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen.Populasi penelitian ini berjumlah 220 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022, dan teknik dalam penentuan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang dengan jumlah 60 orang, kelas IPA 2 dengan jumlah siswa 30 orang yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol, dan kelas IPA 1 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 47,56, dan pada kelas eksperimen sebesar 48,23. Pada saat pelaksanaan  posttest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 74,23, dan pada kelas eksperimen sebesar 79,16. Terdapat peningkatan sebesar 4,93. Berdasarkan uji t-p-value< Sig. (2 tailed), diperoleh hasil 0,000<0,05. Jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Simpulan penelitian ini adalah media gambar berseri berpengaruh daripada model konvensional siswa kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang.

 

Kata kunci: menulis, cerpen, gambar berseri


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arsyad.A. (2019).Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman.(2016). Keterampilan menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto.D.(2016).Media Pembelajaran.Yogyakarta.

Hatikah, T. & Mulyanis (2016) Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI kelompok wajib. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kosasih, E. (2015) Tata bahasa dan sastra Indonesia.Bandung: Yrama Widya.

Munadi, Y. (2013).Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori penggajian fiksi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Samaya, D.& Suryadi, E. (2019) Menulis Proposal Penelitian dengan Mind Map. Palembang:

Sudjana, N. (2016) Penilaian hasil proses belajar mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, et.al (2017) Buku guru bahasa IndonesiaSMA, MA, SMK, /MAK kelas X.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukmadinata, N.S. (2010).Metode penelitian pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, R. & Riyana, C. (2012).Media Pembelajaran. Bandung: Bumi Ranceankek Kencana.

Yunus, S. (2017). Kompetensi menulis kreatif. Bogor: Gahlia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com