KESANTUNAN TINDAK TUTUR ASERTIF PADA PELAYANAN INFORMASI HOTEL ARYADUTA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini berjudul Kesantunan Tindak Tutur Asertif pada Pelayanan Informasi Hotel Aryaduta Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesantunan tindak tutur asertif pada Pelayanan Informasi Hotel Aryaduta Palembang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak, dan catat. Subjek penelitian ini adalah bagian Front Office Hotel Aryaduta Palembang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mentranskripsikan semua audio ke bentuk percakapan tertulis. Setelah itu, peneliti menentukan dan mengklasifikasikan data, serta menyimpulkan data berdasarkan teori tindak tutur asertif yang ada. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat enam fungsi tindak tutur asertif pada Pelayanan Informasi Hotel Aryaduta Palembang. Keenam fungsi itu berupa tindak tutur asertif mengumumkan, tindak tutur asertif melaporkan, tindak tutur asertif menyatakan, tindak tutur menegaskan, tindak tutur asertif memberitahukan, dan tindak tutur asertif memperingatkan. Dari keenam jenis tindak tutur ilokusi asertif tersebut, yang paling sering muncul muncul dalam komunikasi khususnya pelayanan informasi Hotel Aryaduta Palembang adalah tindak tutur asertif yang berfungsi memberitahukan informasi.
Kata Kunci: kesantunan tindak tutur, tindak tutur asertif
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i2.926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com