UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DRAMA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ARISAN MUSI MUARA ENIM MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Karolin Karolin, F.A. Milawasri, Mukhlas Mukhlas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode bermain peran kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim dalam pembelajaran drama dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil lokasi di MIN Arisan Musi kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa, terdiriatas 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam drama siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim. Hal tersebut dapat dilihat dari data-data nilai pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dengan lancar tidak merasa takut, dan lebih berani berbicara dengan bahasa yang komunikatif, runtut, baik, dan benar. (2) melalui metode bermain peran ini kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil analisis data, nilai rata-rata prasiklus 58 (30%), nilai rata-rata siklus satu sebesar 69 (66,7%) dan nilai rata-rata siklus dua sebesar 84 (90%).

Kata kunci : Berbicara, drama, bermain peran




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i2.932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com