ANALISIS POSTUR KERJA DAN REDESIGN PERALATAN KERJA DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) PADA PEKERJA PENCETAKAN GERABAH (Studi Kasus : Sentra Industri Gerabah, Sei Selincah)

M. Agustiansyah, Mahmud Basuki, Hermanto MZ, Tolu Tamalika, Togar P.O.S.

Abstract


Abstrak: Gerabah Mang Ujang adalah salah satu Home Industry gerabah di Palembang. Alat pencetakan gerabah yang masih tradisional membuat pekerja sering mengalami pegal-pegal dan sakit pada tubuh bagian atas karena alat kerja yang digunakan tidak sesuai dengan aspek ergonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur tubuh pekerja terutama dibagian pencetakan kemudian merancang ulang alat pencetakan gerabah yang sesuai dengan aspek ergonomi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode Quick Exposure Check dan Nordic Body Map, postur tubuh pekerja pencetakan gerabah berada pada kondisi Action Level 3 dengan Exposure Level 72,2 % pada pekerja 1 dan 64,8

% pada pekerja 2. Berdasarkan hasil pengukuran data Antropometri, dilakukan perancangan alat yang sesuai aspek ergonomi dengan menambahkan bearing pada putaran bawah dan sandaran kursi yang bisa disesuaikan maju dan mundur.

Kata kunci: antropometri, ergonomi, home industry, nordic body map, quick exposure check

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdestek.v11i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p.ISSN:2303-212X

e.ISSN:2503-5398