Bentuk dan Nilai Komunikasi Iklan Layanan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumsel Tahun 2015
Sari
ABSTRAK: Upaya pembentukan, pembinaan, dan pengembangan kebudayaan atau karakter masyarakat melalui bahasa telah dilakukan oleh Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) dan Kepolisian Kota Besar Palembang (Poltabes Palembang), upaya tersebut melalui Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Beberapa ungkapan yang tertera pada iklan layanan masyarakat dimaksudkan untuk memberikan informasi, himbauan, ajakan, atau larangan. Fungsi iklan layanan masyarakat yakni perubahan sikap setelah mereka membacanya. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk maksud dari ILM tersebut. Pada ILM yang berupa kalimat deklaratif atau kalimat imperatif tersebut sekilas hanya memberikan informasi atau hanya berupa himbauan saja, namun jika dikaji lebih mendalam, slogan pada spanduk-spanduk ILM memiliki implikasi yang harus dilakukan oleh pengendara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasar hasil analisis terhadap 16 iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) yang di pasang di lokasi strategis di Kota Palembang selama tahun 2015 ini di dapati, iklan masyarakat tersebut bukan hanya berupa himbauan atau suruhan tetapi juga berupa larangan, ajakan, dan informasi.
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂÂÂ
ÂÂKata-kata kunci: bentuk, nilai komunikasi
ÂÂ
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.