Keefektifan Metode Copy The Master dalam Menulis Puisi Siswa Kelas III SD Negeri 30 Palembang

Seri Oktapiani, Naisan Yunus, Edi Suryadi

Sari


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran dengan metode copy the master lebih efektif daripada metode
konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 30
Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas III SD Negeri 30 Palembang tahun pelajaran 2015/2016.
Jumlah populasi 126 orang. Jumlah sampel 58 orang yang terdiri dari 29 orang
siswa kelas III C sebagai kelas eksperimen dan 29 orang siswa kelas III D sebagai kelas kontrol. Data diolah dengan program SPSS versi 17. Pengujian hipotesis menggunakan analisis perbedaan dengan uji t. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata awal tes 50,97 dan nilai rata-rata akhir tes 80,00. Terjadi peningkatan gain score 29,03. Untuk kelas kontrol nilai rata-rata awal tes 45,10 dan nilai rata-rata akhir tes 54,76. Terjadi peningkatan gain score 9,66. Hasil analisis data diketahui nilai terhitung 14,871 dan ttabel 2,003 artinya thitung > ttabel. Berarti metode pembelajaran copy the master lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN 30 Palembang.

Kata-kata kunci: keefektifan, metode copy the master, menulis puisi, SD
N e g e r i 3 0 P al e m b a ng .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.