HUBUNGAN MEMBACA TEKS WAWANCARA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 palembang. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan korelasional. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas VII.2 berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) untuk membaca teks wawancara dan tes tertulis untuk kemampuan menulis karangan narasi. Validitas yang dilakukan menggunakan analisis item. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan formula Alpha Croanbach dan diperoleh hasil sebesar 0,653. Hasil tersebut termasuk dalam koefesien korelasi 0,600—0,800 yang berarti instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas cukup. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Analisis data dihitung menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) membaca teks wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); dan (3) terdapat hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang, yaitu sebesar 0,66 yang termasuk dalam interval koefesien 0,60 — 0,799 dengan tingkat hubungan kuat dan signifikan dengan kontribusi 43,5%.
Kata Kunci: Korelasi, Teks Wawancara, Karangan, SMP.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com