MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTS AL-KAHFI PALEMBANG MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR

Disi Hindriani, Nurulanningsih Nurulanningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar kemampuan menulis siswa kelas VII.B MTs Al-Kahfi Palembang dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. B MTs Al-Kahfi Palembang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakanteknik tes dan observasi. Data yang dikumpulkan dalam bentuk tes dan observasi dalam setiap siklus. Persepsi siswa terhadap media gambar dalam pembelajaran menulis puisi sudah cukup baik.Terlihat dari analisis data nilai rata-rata tes awal sebesar 59, nilai rata-rata siklus I sebesar 63, dan nilai rata-rata siklus II sebesar 77. Berdasarkan hasil analisis data tes awal yang dilakukan sampai dengan tes siklus akhir, 20 orang siswa telah mencapai ketuntasan minimal yakni 70. Hal ini menunjukan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai yaitu 85%. Dengan demikian hasil tersebut dinyatakan berhasil.

 

 Kata Kunci: meningkatkan, kemampuan, menulis puisi, media gambar


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Rian Dana. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Kontekstual dengan Inspirator Gambar Peristiwa Pada Siswa Kelas VII A SMP Albanna Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi dipublikasikan Http://Unmas-Library.ac.id. Denpasar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati

Achmad, S. W. 2016. Menulis kreatif itu gampang. Yogyakarta: Araska.

Hamdani, A. N. dan Hermana, D. 2008. ClassRoom action risearch. Jakarta: Rahayasa.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Maryanto, J. 2013. Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model picture and picture dengan media gambar pada siswa kelas v sdn gunung pati 01 semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Munadi. Y. 2013.  Media pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Musfiqon. 2012. Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian bahasa dan sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, R.  J. 2014. Pengkajian puisi. Jakarta: UMG. Press.

Romelah. 2016. Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan teknik kata mengalir berbantuan media benda konkret pada siswa kelas VIII SMPN 5 Pagentan. Jurnal. Web: lingua.pusatbahasa.or.id di unduh 21 maret 2017.

Saddhono, K., dan Slamet. 2014. Pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sudjana, N. 2016. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Susanti, R. 2016. Peningkatan kemampuan menulis narasi melaui media gambar pada siswa kelas VII SMP PGRI Prabumulih. Skripsi.  Palembang: Universitas PGRI. (Tidak dipublikasikan).

Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardoyo, M. S. 2013. Teknik menulis puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, Joko dkk. 2012. Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan strategi identifikasi berbasis kecerdasan majemuk pada siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong. Jurnal. eprints.uns.ac.id/2381/1/165-302-1-SM.pdfdi unduh tanggal 21 maret 2017.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 

Alamat Redaksi

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang

Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129

Telp. (0711) 369751

Email: didactiquebahasa@gmail.com