HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI CERPEN DENGAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NURUL IMAN PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui besarnya penguasaan membaca pemahaman isi cerpen 2) Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan menulis naskah drama 3) Untuk mengetahui hubungan membaca pemahaman isi cerpen dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Nurul Iman Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 111 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 28 orang. Variabel yang dikaji yaitu membaca pemahaman isi cerpen dan keterampilan menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes, yang berupa tes objektif, esai dan menulis.. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif menunjukkan membaca pemahaman isi cerpen siswa berada pada kategori baik, yaitu sebesar 64,28% dan keterampilan menulis naskah drama siswa berada pada kategori cukup, yaitu sebesar 57,15%. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,952. Sementara itu, harga rtabel dengan N=28 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,374. Dari hasil tersebut terlihat nilai rhitung> rtabel, hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara membaca pemahaman isi cerpen dengan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Nurul Iman Palembang.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Cerpen, Menulis Naskah
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustina. (2000). Pembelajaran Membaca (Teori dan Latihan). Padang: FBSS UNP.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Djiwandono, M.S . (2008). Tes Bahasa. Jakarta: PT indeks.
Effendi, D. Dkk. (2017). Kumpulan Cerpen: Sekelumit Kisah Cinta. Palembang: NoerFikri
Hasanuddin. (2009). Drama Karya Dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah, Dan Analisis. Bandung: Penerbit Angkasa.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Nadya, N.L. (2017). ”Sanggar Sastra Media Menulis Kreatif: Pemanfaatan Blog bagi Mahasiswa”. Proceedings The 1st International Conference on Education, Language, and Arts (ICELA). Fakultas Bahasa dan Seni. UNJ. Hal. 449—458.
Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rachmawati. (2008). Dunia di Balik Kata (Pintar Membaca). Yogyakarta: Grtra Aji Parama.
Satoto, S. ( 2012). Analisis Drama dan Teater. Yogyakarta: Ombak.
Somadoyo, S. (2011). Strategi dan Tehnik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subana, M. Rahadi, & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno & M. Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Suyatmi. (2000). Membaca. Surakarta: UNS Press.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Penerbit Angkasa.
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatis Sastra dan Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com