PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI KELAS XI MAN 2 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing siswa kelas XI MAN 2 Palembang, sebagai sampelnya yang berjumlah 76 siswa terdiri dari Kelas MIA 4 (Kontrol) dan Kelas MIA 5 (Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain Two Group Pretest Posttest (kuantitatif), dan teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis dengan analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kemampuan menulis resensi kelas kontrol dan eksperimen dapat disimpulkan bahwa dalam kedua kelas tersebut setara (homogen) dari perhitungan yang menggunakan uji t dengan hasil 0,989, yang berarti nilai ini lebih besar dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu sebesar 0,05. Hasil uji normalitas data kelas eksperimen, diketahui nilai siginifikan 0,464>0,05, nilai tersebut apabila dibandingkan dengan ttabel 0,168 lebih besar. Hasil uji homogenitas diketahui nilai signifikan 0,989>0,05, maka distribusi data adalah homogen. Uji paired sample test, diketahui nilai signifikan (2 tailed) sebesar 0,000< 0,05. Dari hasil pretest dan posttest dapat diketahui adanya perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen yang menggunakan cara pembelajaran role playing menghasilkan nilai tertinggi dari kelas eksperimen yang jauh lebih baik, terlihat dari hasil uji t sebesar 0,829> 0,05 sedangkan hasil dari kelas kontrol dari hasil uji t sebesar 0,464>0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI MAN 2 Palembang.
Kata Kunci: pengaruh, role playing, resensi buku.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aunurrahman.(2016). Belajar dan pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Ahmad,(2020).“Resensi:Pengertian,Unsur,Jenis,Tujuan,Manfaat”. http://www.Yuksinau.id/re sensi/.Diakses tanggal 2 Januari 2020
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dahlan dan Sasa. (2011). Berguru pada pesohor: Panduan wajib menulis resensi buku. Yogyakarta: BOEKOE.
Hamdani. (2010). Strategi belajar mengajar.Bandung:CV Pustaka Setia.
Huda, M. (2016). Model-model pengajaran dan pembelajara. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Mutaqilah, A. (2014). Bahasaku bahasa Indonesia. Tanggerang: CV Wafi.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&)..Bandung:CV Alfabeta.
Sudaryono, (2016). Managemen pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com