MINAT MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca siswa dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Palembang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 211 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket minat baca dan tes menulis teks eksplanasi berupa kejadian-kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi saat ini. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik statistic parametris. Analisis deskriptif dengan melakukan penyajian data melalui tabel, histogram dan diagram batang, sedangkan analisis statistic parametris melalui teknik korelasi product moment. Kemudian, nilai rata-rata minat baca adalah 70 dan menulis teks eksplanasi adalah 71 yang keduanya telah berada di atas nilai KKM sekolah. Hasil Fhitung dari minatbaca dan kemampuan menulis tekse ksplanasi sebesar 0,811 yang lebih besar dari hasil kisaran Ftabel 42 untuk kisaran 5%=0,3044 dan dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa telah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa di MAN 2 Palembang kelas XI MIA 5. Kesimpulannya yaitu hipotesis nol (H0) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima dan telah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA 5 MAN 2 Palembang.
Kata kunci: minat membaca, menulis teks eksplanasi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Djaali. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Prenadamedia.
Kosasih, E. (2013). Mandiri: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Mansyur, U. (2019, November). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. In Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II (Narasi II) UNM 2019. Gempusta-Upaya-Meningkatkan-Minat-Baca.pdf (researchgate.net)
Mulyadi, Y. (2016). Bahasa Indonesia untuk SMP-MT.s Kelas VII. Bandung: Yrama Widya.
Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurjamal, D., W. Sumirat, & R. Darwis. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: ALFABETA.
Priyatno, D. (2009). SPSS untuk analisis korelasi, regresi, dan multivariate. Yogyakarta: Gaya Media.
Rimayanti, A. I., & Jaja, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2), 857—862.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H, G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com