ANALISIS STRUKTURAL SEMIOTIK PADA KUMPULAN CERITA PENDEK ORANG-ORANG KAMPUS KARYA A.M. LILIK AGUNG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur struktural semiotik yang terdapat dalam buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristik dan hermeneutik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural semiotik. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampuskarya A.M. Lilik Agung. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan Analisis struktural semiotik dari kumpulan cerita pendek Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Hasil dari struktural yang berupa ; a) tema adalah bentuk protes dari orang-orang akan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin baik dalam pemerintahan ataupun dalam keluarga ; b) alur dalam kumpulan cerita pendek Orang-Orang Kampus yang berjumlah lima, dua diantara kelima cerpen beralur campuran, tiga cerpen beralur lurus karena sesuai urutan kelima tahapan alur ; c) tokoh-tokohnya perempuan dan laki-laki, semua berkarakter pintar dan cerdik dalam melakukan tindakan yang menentang ketidakadilan dalam kehidupan yang mereka jalani ; d) berlatar sosial pandangan hidup dan kebiasaan, latar tempat kejadian dalam cerpen ; e) tanda-tanda yang terdapat dalam keseluruhan kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampus berupa ikon, indeks dan simbol. Tanda Ikon berupa meja, kursi, televisi, vas bunga, megafon, lampu, kamera, topeng, pedang dan spanduk. Tanda indek misalnya mengebu-gebu, merobek angkasa, gulungan awan, menyayat-nyayat, erat-erat dan desiran angin. Sedangkan simbol misalnya Ayah, Ibu, Kakak, Pak Lurah, Bupati, bocah, sutradara dan dosen.
Kata Kunci : Struktural, semiotik, cerita pendek.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agung, Lilik A.M.. 2014. Orang-Orang Kampus. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Aminuddin, 2013. Pengantar Apresiasi Karya Satra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. R. 2015.Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Kosasih, E. 2012.Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widia.
Mukmin, S. 2008. Teori Dan Aplikasi Semiotika. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Mukmin, S. 2005. Transformasi Akhlak Dalam Sastra. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Nurgiyantoro, B. 1995. Teori Pengajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nugiyantoro, B. 2010. Teori Pengajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, 1986. Beberapa Teori Sastra Metode Kririk dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pradopo, 1995. Beberapa Teori Sastra Metode Kririk dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Pradopo,. 2012. Pengajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada.
Pradopo, dkk. 2001. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita GrahaWidya.
Pranoto, N 2015. Seni Menulis Cerita Pendek. Jakarta: PT Opuss Agrapana Mandiri.
Semi, A. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Suharianto, S. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakrta: Widya Data
Sujiman, Panuti. 1991. Memahami Cerita Rakyat Rekanan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sudjiman, Z. 1996. Serba-Serbi Semiotik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Susanto, D. 2012. Pengatar Teori Sastra. Yogyakarta: PT. Buku Seru.
Tarigan, H. G. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Zaimar, O. K. 2014. Semiotik Dalam Analisis Karya Sastra. Makasari Depok Indonesia: PT Komoda Book
DOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i1.885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com