PENGGUNAAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENGUBAH TEKS CERPEN MENJADI TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media podcast terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 500 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah kelas yang ada dalam penelitian ini berjumlah 10 kelas, kemudian dipilih dua kelas untuk dijadikan kelas control dan kelas eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa yakni siswa kelas MIA-5 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media konvensional dan disebut sebagai kelas kontrol. Kelas MIA-4 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media Podcast dan disebut sebagai kelas eksperimen. Hasil pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 61,50 dan pada kelas eksperimen adalah 64,75. Pada saat pelaksanaan posttest, nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 67,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 75,38. Pada perhitungan Uji Paired-Sample, menunjukan mean pretest dan posttes kelas eksperimen adalah 10,625. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 3,645 dan jika dibandingkan dengan tabel kisaran 78 dengan taraf signifikasi 0,5 yaitu sebesar 1,665, jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media podcast berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang.
Kata kunci: podcast, teks cerpen, teks drama
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v3i2.930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang
Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Telp. (0711) 369751
Email: didactiquebahasa@gmail.com